F Contoh Format Penilaian Kurikulum 2013 - file guru kita

Contoh Format Penilaian Kurikulum 2013

Tutor Cara Penilaian Kurikulum 2013 

Silahkan Jika Ibu/Bapak guru membutuhkan cara penilaian kurikulum 2013 baik pada jenjang SD, SMP dan SMA yang telah melaksanakan program kurikulum 2013 pada link di bawah ini:

DOWNLOAD JUKNIS PENILAIAN KURIKULUM 2013/KURIKULUM NASIONAL SD

1. Penilaian Sikap

a. Sikap spiritual

Penilaian sikap spiritual (KI-1), antara lain:
(1) ketaatan beribadah;
(2) berperilaku syukur; 
(3) berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan; dan

b. Sikap Sosial

Penilaian sikap sosial (KI-2) meliputi:
 (1) jujur yaitu perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan;
 (2) disiplin yaitu tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan;
(3) tanggung jawab yaitu sikap dan perilaku peserta didik untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dilakukan terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan, negara, dan Tuhan Yang Maha Esa;

c. Teknik penilaian Sikap

Penilaian sikap di sekolah dasar dilakukan oleh guru kelas, guru muatan pelajaran agama, PJOK, dan pembina ekstrakurikuler. Teknik penilaian yang digunakan meliputi: observasi, wawancara, catatan anekdot (anecdotal record), catatan kejadian tertent (incidental record) sebagai unsur penilaian utama.

2. Penilaian Pengetahuan

Penilaian pengetahuan (KI-3) dilakukan dengan cara mengukur penguasaan peserta didik yang mencakup pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural dalam berbagai tingkatan proses berpikir. Penilaian dalam proses pembelajaran berfungsi sebagai alat untuk mendeteksi kesulitan belajar (assesment as learning), penilaian sebagai proses pembelajaran (assessment for learning), dan penilaian.

3. Penilaian Keterampilan

Penilaian keterampilan dilakukan dengan mengidentifikasi karateristik kompetensi dasar aspek keterampilan untuk menentukan teknik penilaian yang sesuai. Tidak semua kompetensi dasar dapat diukur dengan penilaian kinerja, penilaian proyek, atau portofolio. Penentuan teknik penilaian didasarkan pada karakteristik kompetensi keterampilan yang hendak diukur. 

Penilaian

keterampilan dimaksudkan untuk mengetahui penguasaan pengetahuan peserta didik dapat digunakan untuk mengenal dan menyelesaikan masalah dalam kehidupan sesungguhnya (dunia nyata). Penilaian keterampilan menggunakan angka dengan rentang skor 0 sampai dengan 100 dan deskripsi.

Teknik penilaian yang digunakan sebagai berikut.

a. Penilaian Kinerja
b. Penilaian Proyek
c. Portofolio

Dapat kita lihat pada link di bawah ini:


DOWNLOAD JUKNIS PENILAIAN KURIKULUM 2013/KURIKULUM NASIONAL SD

 Baca Juga
Unduhan File

Silahkan download Dokumen dokumen Administrasi Guru di bawah ini :


    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Contoh Format Penilaian Kurikulum 2013"

    Post a Comment