F Tipe-Tipe Guru Yang Banyak Disukai Siswanya Di Sekolah Sangat Penting - file guru kita

Tipe-Tipe Guru Yang Banyak Disukai Siswanya Di Sekolah Sangat Penting

Tipe-Tipe Guru Yang Banyak Disukai Siswanya Di Sekolah Sangat Penting 

Tipe-Tipe Guru Yang Banyak Disukai Siswanya Di Sekolah Sangat Penting
Tipe-Tipe Guru Yang Banyak Disukai Siswanya Di Sekolah Sangat Penting
Tipe Tipe Guru Yang Di Sukai Murid /Siswa .Guru merupakan figur langkah awal dalam memberikan pelajaran yang menyenangkan, Disini guru harus lebih kreatif dalam memberikan pengajaran kepada peserta didik nya agar peserta didik tidak bosan dan jenuh dalam menerima pembelajaran nya.

Hak Peserta didik menerima ilmu pelajaran dengan baik dan menyenangkan tidak dengan jengkel serta harus menerima cacian dari guru sehingga peserta didik tersudut dengan kata kata guru nya, jika peserta didik sudah tersudut di dalam kelas nya atau tercemooh kan sulit sekali pemulihan mental peserta didik untuk bisa tampil di dalam kelas, tentu saja seperti itu tidak di inginkan terjadi.

Maka dari itu guru sebagai pembimbing harus pintar pintar mengambil hati peserta didik dengan baik tanpa adanya tekanan.

Apalagi di tahun ajaran 2017/2018 ini peserta didik lebih banyak menghabiskan waktunya beserta ibu/bapak guru nya di sekolah dengan adanya penambahan jam pelajaran menjadi 15 jam selama 5 hari rasa jenuh mereka terbayangkan apalagi kita menghindari rasa malas yang kan muncul pada karakter anak dengan adanya program Full Day School tersebut.

Siswa menghabiskan hampir lima sampai delapan jam di sekolah di bawah pengawasan guru. Apa yang mereka pelajari selama itu adalah bagian penting dari kehidupannya, karena merupakan bekal masa depan. Guru memainkan peran orang tua ketika siswa berada di sekolah. Ada beberapa kualitas yang ideal yang dibutuhkan untuk seorang guru yang baik.


Disini Admin ingin sharing berbagi mengenai tipe tipe guru yang di sukai peserta didik nya/murid murid nya

1. Mengajar harus interaktif
Sangat penting bagi guru untuk berkomunikasi dengan siswa selama belajar sehingga mereka dapat memperhatikan dan dengan demikian tidak melewatkan topik apapun. Kelas harusnya lebih seperti diskusi, sehingga setiap orang dapat berbicara tentang pandangan mereka dan bisa belajar sesuatu yang baru.

2. Ramah
Meskipun sangat penting bagi seorang guru untuk mempertahankan disiplin. Namun, ketika seorang guru ramah dengan siswanya, mereka akan merasa bebas untuk berbagi dengan guru mereka. Ini dapat bermanfaat bagi guru untuk membimbing mereka sebagai teman dan dengan demikian dapat membantu mereka dalam mengambil keputusan yang tepat.

3. Menjadi panduan
Setiap siswa pasti memiliki masalahnya masing-masing, mungkin orang tuanya dapat membantu. Tetapi jika masalah tersebut terkait dengan masalah sekolah, maka ia mendongak ke gurunya untuk dukungan dan bimbingan. Guru harus mampu memberikan bimbingan kepada siswa-siswanya setiap kali mereka membutuhkannya.

4. Memiliki selera humor
Siswa ingin ketika mengajar dibuat menyenangkan, kelas membosankan membuat siswa resah. Hal ini sangat diperlukan bahwa seorang guru harus memiliki rasa humor yang baik, sehingga ia dapat menambahkan unsur menyenangkan dalam belajar. Berbicara tentang pengalaman mereka dan berbagi kenangan lucu, akan memberikan mereka istirahat dan juga menyegarkan mereka.

5. Toleran
Guru yang memiliki sifat toleran biasanya merupakan favorit setiap siswa. Seorang guru tidak harus ekstra ketat atau kasar terhadap siswa karena mereka akan kemudian tidak bisa membuka diri. Ekstra kelonggaran juga tidak disukai karena dapat membuat siswa membangkang. Jadi, guru harus menjaga keseimbangan dan tidak boleh terlalu lunak dan terlalu ketat.

6.Aktif
Guru yang berkarakter aktif tentunya sangat banyak sekali ide ide yang akan di keluarkan dalam memberikan pengajaran di dalam kelas sehingga siswa pun akan semakin aktif dalam menerima pelajaran yang akan di berikan.

7.Supel
Sifat seperti ini lah yang di harapkan oleh murid untuk mengenal lebih jauh dan banyak lagi dari karakter murid secara satu persatu agar lebih terkontrol lagi dalam mendalam sifat sifat nya.

8.Adil
Guru harus lebih seimbang lagi antara murid yang lebih pintar dengan yang kurang, biasanya mereka lebih kurang percaya diri atau minder untuk menjawab dan mengungkapkan sesuatu dari segi pemahaman di dalam kelas.

Demikian yang dapat admin sharing kan semoga bermanfaat untuk kita semua semoga menjadikan inspirasi bagi rekan rekan, ibu/bapak guru sekalian Sebalik nya kita harus menghindarkan sifat sifat guru seperti yang akan kita bahas pada link di bawah ini:

Tipe Tipe Guru yang harus di hindarkan di dalam kelas di waktu  memberikan pengajaran kepada peserta didik nya:

1. Guru Killer

Selain kuis dan ulangan harian dadakan, ada satu hal lagi yang menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar pelajar di seluruh dunia, yaitu guru killer. Disebut guru killer, karena tipe guru yang satu ini selalu berhasil membuat siswanya ketakutan hampir sepanjang proses pembelajaran, tidak ada batasan yang jelas antara rasa benci dan takut ketika berhadapan dengan jenis guru yang satu ini guys.

Sifat siswa bahkan bisa berubah tiba-tiba jika berhadapan dengan tipe guru killer kayak gini, yang cerewet jadi kalem, yang ngantuk jadi melek, bad student jadi good student, atmosfir kelas bisa tiba-tiba berubah ketika guru ini sudah menginjakkan kaki di dalam kelas.

Guru killer identik dengan tatapan matanya yang tajam, disiplin tinggi, dan hukuman. So, jangan sampai kalian nggak ngerjain PR, bolos, apalagi cabut di jam pelajarannya, karena itu sama saja dengan kalian masuk ke dalam kandang macan kelaparan.

2. Guru Inspiratif (Motivator)
Tipe guru inspiratif ini menjadi salah satu tipe guru yang disenangi banyak murid guys. Mereka di senangi karena banyak memberi inspirasi dan motivasi kepada siswa nya, baik dalam sikap, perkataan, maupun cara mengajar nya yang di senangi siswanya. Tipe guru seperti ini senang menceritakan kisah-kisah inspiratif dalam pembelajaran nya, dan banyak mengeluarkan kata-kata spontan yang memotivasi muridnya. Dalam setiap cerita yang disampaikannya selalu bisa meningkatkan optimisme siswa yang mendengarkan nya.

3. Guru Ngambekan
Nah, tipe guru yang satu ini adalah tipe guru yang hobinya ngambek guys. Sifatnya mirip kayak ABG yang suka membenci temannya tanpa alasan yang kuat dan jelas. Tipe guru satu ini tidak jarang masuk dalam daftar guru paling tidak disukai siswa. Tipe guru seperti ini sangat mudah marah dan ngambek, kalau ada sedikit saja masalah, guru ini paling susah di mintain maaf sama murid. Bahkan, siswa yang pintar atau rajin sekalipun bisa saja mendapat nilai jelek jika sudah bermasalah dengan guru tipe ini.

4. Guru Humoris
Guru humoris menjadi salah satu tipe guru yang disenangi banyak murid, karena metode belajarnya yang fun. Jenis guru seperti ini selalu menghadirkan leluco-lelucon segar dan spontan yang mengundang tawa ditengah-tengah proses belajar mengajar. Hal itu tentunya dapat membuat suatu materi pembelajaran yang membosankan menjadi menyenangkan, dan menghindari siswa dari rasa kantuk.

5. Guru Jaim
Tipe guru seperti ini biasanya guru yang mementingkan penampilan atau image didepan para siswanya. Sebisa mungkin guru ini akan menghindari atau menutupi kesalahan-kesalahan yang entah sengaja atau tidak sengaja dilakukan ketika didepan muridnya. Dari segi berpakaian, penampilan ataupun riasan, biasanya guru tipe ini akan terlihat paling wah dibanding guru yang lain. Buat sebagian murid mungkin guru tipe ini cukup menyejukan pandangan.

6. Guru Over Sabar
Guru tipe ini mempunyai kesabaran diatas rata-rata kesabaran guru kebanyakan. Saking over sabarnya, guru ini jarang sekali marah. Kalau ada murid yang bandel, paling Cuma di tegur aja dan tegurannya lembut banget, sampai gak terasa kena tegur karna lembutnya, dan muridnya tetap bandel lah, tapi guru yang satu ini tetap sabar. Karena itu juga tidak jarang tipe guru yang satu ini menjadi korban siswanya.

7. Guru Pelupa
Menurut gue, ini tipe guru yang paling lucu guys. Bagi murid yang malas belajar, guru tipe ini paling asyik dan tidak jarang jadi korban penipuan mereka. Bagaimana tidak coba ? ada pr lupa, ada ulangan lupa, bahkan masuk ke kelas aja lupa, dan sekalinya ingat, langsung di lupa-lupain lagi sama murid pemalas. Kayak cerita berikut ini...
Guru    : “Selamat pagi semua”
Murid   : “Pagi buk...!”
Guru    : “Hari ini kita Ulangan Harian bab 2 kan ?”
Murid 1: “Ha ?!, kok dadakan buk ?, kita belum ada persiapan buk”
Guru    : “Kan  ibuk sudah kasih tahu kalian minggu kemarin”
Murid 1: “Kayaknya ibu nggak ada kasih tahu kita deh”
Guru    : “Masak sih...?, ibuk rasa, ibuk sudah umumkan di kelas”
Murid 2: “Kelas sebelah kali buk, materi bab 2 aja kita belum selesai”
Guru   : “Oh ya ?. Mungkin ibuk bilangnya ke kelas sebelah kali ya. Kalau begitu,         sekarang kita lanjutkan dulu materinya, minggu depan baru kita UH bab 2.                   Silahkan buka bukunya”.
 Murid   : “OK buk...” (Ha ha ha, yes !)
Di sekolah kalian pasti ada tipe guru yang suka amnesia kayak gitu kan ?. Tapi, sebaiknya kita jangan sampai kayak murid-murid dalam cerita diatas. Kalau guru lupa pr atau uh, sebagai siswa yang baik kita harus ingatkan. Begitu juga kalau guru lupa masuk kelas, kita harus segera manggil dia ke kantor.


8. Guru yang Bersahabatan
yaitu guru yang tidak mempunyai sifat pendendam terhadap semua nya baik bagi murid nya maupun bagi guru guru rekan yang lain nya

Nah, demikian lah yang dapat admin sharing kan mengenai berbagai Tipe-Tipe Guru Yang Banyak Disukai Siswanya di Sekolah dan yang tidak harus dimiliki di sekolah Sangat Penting harus di miliki dan yang tidak harus di miliki nya, semoga bermanfaat sukses selalu 

Silahkan download Dokumen dokumen Administrasi Guru di bawah ini :


    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Tipe-Tipe Guru Yang Banyak Disukai Siswanya Di Sekolah Sangat Penting"

    Post a Comment